Selasa, 26 November 2019

Maison Daruma Coffee Roastery, Rumah Bagi Para Pencinta Kopi

Pada suatu sore yang cerah, saya bersama teman-teman berkunjung sebuah kedai kopi baru di utara balai kota Yogyakarta. Maison Daruma Coffee Roastery namanya. Diambil dari bahasa Perancis dan bahasa Jepang, Maison Daruma berarti rumah di mana terdapat boneka Daruma. Boneka yang menurut mitologi Jepang, bermakna sebagai pembawa keberuntungan. Daruma selalu bangkit tiap kali terjatuh, mengandalkan beratnya sendiri. Agar harapan terkabul, pemilik Daruma harus melukis satu sisi mata Daruma, dan melengkapi sisi lainnya saat harapan sudah terkabul.

Daruma, boneka khas Jepang pembawa keberuntungn

Maison Daruma Coffee Roastery ini terletak di utara balai kota daerah Timoho. Tepatnya di Jalan Ipda Tut Harsono No. 48 Muja Muju, Umbulharjo, Yogyakarta. Suasana tak terlalu ramai, cocok untuk mengobrol santai, baik siang, sore, atau malam hari.

Indoor atau outdoor, semua ok

Mau kerja kelompok atau ngopi? Bisa di Maison Daruma Coffee Roastery.

Siapa di sini yang suka Cappuccino?


Kalau mampir, jangan lupa cobain house blend-nya Maison Daruma, ya!

Letaknya memang tidak mencolok, tapi begitu masuk ke area Maison Daruma Coffee Roastery, anda serasa berada di dunia berbeda. Dihiasi pohon bambu dan dinding bata aksen kecokelatan, Maison Daruma Coffee Roastery terlihat menarik untuk disinggahi. Ditambah dengan interior bangku dekat jendela setengah lingkaran, musik latar yang tenang, dan tanaman rambat yang menjuntai di sekitar dinding. Ketika malam tiba, halaman depan Maison Daruma tampak lebih cantik dengan lampu temaram dan bean bags yang nyaman. Genggamlah secangkir kopi di tangan, sambil mengobrol santai dengan teman. Dijamin betah sampai lupa waktunya pulang!

Salah satu sudut Maison Daruma Coffee Roastery saat malam hari.


Kamu yang berminat roasting, bisa ke sini~

Green beans langsung dari petani.

Mulai dari Kolombia sampai Kintamani, semua tersedia di Maison Daruma Roastery.

Sudah pernah mencicipi Kopi Gayo? Enak lho.

Sesuai namanya, Maison Daruma Coffee Roastery sebenarnya adalah roastery (pusat penggilingan biji kopi) berkonsep coffee shop. Dirintis sejak tahun 2017, Maison Daruma Roastery menyediakan berbagai jenis biji kopi siap giling. Total ada 13 biji kopi lokal yang diambil langsung dari petani, antara lain Gayo, Mandheiling, Malabar, Kintamani, Bajawa, Enrekang, Toraja, Sidikalang, Blue Baliem Wamena, dan Robusta. Sedangkan untuk biji kopi impor ada Brazil dan Kolombia.
Single Origin
Gayo
Tasting profile: full-body Arabika Sumatra premium dengan earthy flavor dan pungent jasmine full city roast. 
Mandheiling
Tasting profile: full-body dengan intense floral tobacco. Terkenal sejak era Hindia Belanda, berasal dari dataran tinggi Sumatra Utara. 
Malabar
Tasting profile: medium-body Arabika dengan cita rasa floral dan citrus. 
Kintamani
Tasting profile: medium-body dengan citrus full city roast. 
Bajawa
Tasting profile: medium-body dengan nutty floral aromatic. 
Enrekang
Tasting profile: mellow medium-body dengan chocolate flavor. 
Toraja
Tasting profile: chocolate flavor, smooth, dan nutty experience. 
Sidikalang
Tasting profile: medium to dark roast menghasilkan fruity, chocolate, dan citrus complexeity. Cocok untuk penyuka body dan acid coffee. 
Blue Baliem Wamena
Tasting profile: medium-body nutty caramel. Memiliki habitat asli di Jamaika hingga sampai di tanah Papua, Blue Baliem Wamena ditanam di ketinggian 2000 mdpl. 
Robusta
Tasting profile: 100% robusta premium dari Wonosobo, Jawa Tengah.
Keunggulan dari Maison Daruma Roastery adalah adanya mesin Buhler produksi Italia dan mesin Satake asli Jepang. Mesin Buhler mampu menampung 8-20 kg green beans dalam sekali roasting. Serba otomatis, formula roasting dapat diatur sesuai kebutuhan dan hasil yang diinginkan. Meliputi suhu masuk, suhu keluar, durasi dan tempo roasting, serta waktu yang dibutuhkan untuk proses cooling. Selain itu, keunggulan roasting dengan mesin Buhler adalah, jika ada green beans yang rusak akan langsung terdeteksi oleh mesin. Proses roasting pun bebas asap, karena asap sudah disedot oleh mesin selama roasting.

Roasting serba otomatis dengan mesin Buhler.

Atur resep terbaik roasting-mu.


Roasting green beans biasanya memakan waktu 5-10 menit.


Green beans siap disortir.

Ditimbang dulu untuk tahu berapa persen penyusutannya.

Mesin Satake, berfungsi menyortir green beans dari benda-benda asing.

Mesin Satake FMS-2000, mampu menyortir green beans sesuai ukuran dan warna.

Green bean Robusta yang baru saja keluar dari mesin roasting.

Setelah roasting, green beans masuk ke mesin Satake FMS-2000, mesin penyortir berdasarkan bentuk dan warna green beans. Selain itu, penggunaan mesin Satake juga memudahkan proses sortir karena secara otomatis memisahkan antara green beans dengan benda-benda asing seperti kerikil maupun green beans yang kurang layak. Sehingga nantinya menghasilkan green beans kualitas terbaik.


Maison Daruma House Blend, semua diberi nama dalam bahasa Jepang.

Maison Daruma Roastery juga memproduksi house blend, antara lain Hotarubi, Komorebi, Tasogare, Signature Royal, Signature, Grand Royal, dan CR Blend. Hotarubi menjadi house blend Maison Daruma Roastery yang paling diminati. Sedangkan Grand Royal menjadi house blend andalan yang disuplai ke beberapa coffee shop, salah satunya Nox Coffee Boutique.

House Blend 
Hotarubi
Tasting profile: medium roast coffee dengan smooth body, complex chocolate, dan slight mint. 
Komorebi
Tasting profile: dark roast full-body dengan sweet dan creamy complexity, fruity, slight floral, serta choco vanila. 
Tasogare
Tasting profile: strong-body dengan crisp roast dan creamy complexity, chocolate, serta floral. 
Signature Royal
Tasting profile: perpaduan tiga Arabika premium, smooth medium-body dengan chocolate, pungent, floral, dan aromatic tobacco. 
Signature
Tasting profile: perpaduan dua specialty Arabica dan premium Robusta, full washed. Smooth medium-body dengan floral, spicy french vanilla undertone. 
Grand Royal
Tasting profile: medium roast, medium-body dengan complex floral dan dark chocolate. 
CR Blend
Tasting profile: perpaduan Robusta dan Arabika, medium to dark roast coffee dengan chocolate caramel dan bold-body aftertaste.

Jika memilih membawa green beans sendiri, Maison Daruma Roastery mematok harga Rp 20.000,-/kg. Maison Daruma Roastery juga menyediakan jasa pembuatan Drip Coffee dan Custom Blend dengan minimal pesan 7-10 kg. Khusus Custom Blend, harga roasting menyesuaikan origin bean yang digunakan. Selain itu, harga dapat berubah sewaktu-waktu. Jadi, pastikan kesepakatan roasting sudah jelas di awal. Perlu diingat pula bahwa setiap mesin menghasilkan roasted green beans yang berbeda. Formula roasting yang tepat adalah kuncinya.


Maison Daruma Coffee Roastery
PT. Legenda Bumi Jogja
Jalan Ipda Tut Harsono No. 48, Muja Muju, Umbulharjo, Yogyakarta 55165

E-mail:
legendabumijogja@gmail.com

Telepon:
(0274) 5013925
0821-3795-3841

Website:
maisondaruma.com

#MaisonDarumaRoastery

Tidak ada komentar:

Posting Komentar