Jumat, 03 Januari 2014

Mimpiku : Pergi ke Amerika, New York City!

Salah satu cerita dari seorang teman di KACA, Virgi. Berkeinginan untuk pergi menjelajah Amerika, terutama New York, untuk melanjutkan studi kuliah di UCLA (University of Callifornia, Los Angeles). Berangkat dari mimpi tersebut, Virgi mulai mencari informasi tentang program pertukaran pelajar. Hingga suatu hari Ia mendapat tawaran mengikuti pertukaran pelajar ke Amerika, dan tinggal di rumah salah satu keluarga disana. Namun gagal, karena waktunya selama setahun, terlalu lama menurutnya. Otomatis harus mengulang sekolah selama setahun lagi, jadi orang tua Virgi tidak mengizinkan. Namun Ia tetap bertekad ingin menjelajah Amerika, New York City, suatu hari nanti.

Lalu baru-baru ini Ia mendapat informasi tentang adanya pertukaran pelajar ke Amerika, lagi. Tetapi lagi-lagi, gagal, karena waktu pendaftarannya bersamaan dengan saat Ia mengetahui informasi tersebut. Ya, mungkin suatu hari nanti Virgi akan menemukan 'jalan' untuk mewujudkan keinginannya tersebut, amin. Sama seperti keinginannya mempelajari Bahasa Prancis. Menurut cerita Virgi, dulu Ia ingin bersekolah di SMA N 7 YK, namun akhirnya Ia bersekolah di MAN I YK, dan justru disanalah Ia mampu memenuhi keinginannya untuk mempelajari Bahasa Prancis. Syukurlah, karena di SMA N 7 YK tidak terdapat pelajaran Bahasa Prancis. Setidaknya, Virgi telah mampu mewujudkan salah satu keinginnannya.

Cerita dari Virgi menginspirasi saya untuk bermimpi menjelajah dunia, pergi ke tempat-tempat yang belum pernah saya datangi, mempelajari budaya bangsa lain, dan memahami keindahan dari setiap wilayah, atau negara di berbagai belahan bumi ini. Dan sekarang, saya telah memiliki keinginan untuk....... Menjelajah Indonesia. Mengapa? Karena justru menurut saya, kita telah memiliki keindahan alam yang luar biasa, potensi yang besar dari segala bidang, hanya saja mungkin terdapat permasalahan klasik kemiskinan, ketidaksejahteraan rakyat, sumber daya manusia yang belum berkembang baik, pelestarian alam yang hanya sekedar wacana, dan pengelolaan objek wisata yang belum merata ke seluruh penjuru nusantara terutama daerah terpencil seperti misalnya hutan Kalimantan yang tidak kalah kaya dengan hutan hujan Amazon di Brazil. 

Dan masih banyak lagi jika ingin membahas tentang kekurangan negeri kita ini, tetapi kalau saja semua orang optimis dengan Indonesia, saya yakin, tidak perlu lah kita berbangga diri singgah di negeri orang asing, karena tinggal di Indonesia sudah menjadi kebanggaan tersendiri. Tetapi saya tidak mengelak jika berkeinginan mengelilingi dunia, terutama benua Eropa adalah hal yang menyenangkan, dan luar biasa saat sudah terwujud. Maka, saya juga mempunyai mimpi yang hampir dengan Virgi......

Menjelajah dunia, menikmati keindahan benua Eropa, wisata kuliner di benua Asia, memahami berbagai budaya di Timur Tengah, dan tentu saja, menikmati hingar bingar, panas tandus, dan kemegahan gedung-gedung pencakar langit di benua Amerika! 

Tentunya dengan predikat sebagai mahasiswa yang berkuliah dengan beasiswa, seorang traveler berpengalaman, seorang entrepreneur yang berkesempatan mengunjungi luar negeri, atau seorang jurnalis berprestasi yang mampu berkeliling dunia dengan berita. Bukan sebagai TKI, TKW, imigran gelap, atau korban kejahatan. Indonesia tidak semestinya dicap sebagai negara supplayer TKI, seharusnya, Indonesia-lah yang di-supplay tenaga kerja dari luar negeri. Semoga suatu saat nanti, saya bisa menjadi salah satu generasi muda yang bisa membanggakan Indonesia, di mata orang asing.

2 komentar: