Senin, 01 Juli 2019

Berkemah Ala Milenial di DeLoano Glamorous Camping


Pernah mendengar DeLoano Glamorous Camping? Perkemahan binaan Badan Otorita Borobudur (BOB) ini masih terbilang baru, karena baru saja diresmikan Februari 2019 lalu. Meskipun begitu, DeLoano Glamorous Camping sebagai salah satu destinasi pariwisata prioritas nomadic tourism menawarkan pengalaman berkemah tanpa repot membawa alat kemah, dengan area perkemahan yang instagram-able sekaligus wisata alam.

Terletak di Kelurahan Sedayu, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, DeLoano Glamorous Camping dapat ditempuh satu jam dari Yogyakarta menggunakan bus atau kendaraan pribadi. Jika anda datang menggunakan bus pariwisata, berhentilah di pintu masuk Wisata Alam Nglinggo Tlitis. Selanjutnya, penumpang akan diantar ke DeLoano Glamorous Camping menggunakan angkot atau odong-odong yang dikelola penduduk sekitar.

Odong-odong siap mengantar pengunjung sampai tujuan. (Sumber: dokumen pribadi)

Situasi di sekitar DeLoano Glamorous Camping. (Sumber: dokumen pribadi)
Tidak ada papan bertuliskan DeLoano Glamorous Camping, hanya ada untaian bambu membentuk gapura bertuliskan Borobudur Highland. Tapi jangan tertipu, justru itulah pintu masuk menuju DeLoano Glamorous Camping. Sebelum sampai ke area perkemahan, anda harus beriringan menyusuri jalan setapak bambu, semakin seru jika ramai bersama rombongan, menambah sensasi Persami.

Pintu masuk DeLoano Glamorous Camping. (Sumber: dokumen pribadi)

Jalan setapak bambu menuju area perkemahan. (Sumber: dokumen pribadi)

Dibangun di lahan seluas 1,5 hektar dan dikelilingi pepohonan pinus, DeLoano Glamorous Camping menyediakan berbagai jenis tenda, antara lain tenda berkapasitas 2-3 orang dan 9 tenda reguler berkapasitas 4-6 orang, lengkap dengan kasur busa, selimut, bantal, listrik, dan penerangan. Serta 1 tenda VIP berkapasitas 2 orang yang didesain bak kamar hotel. Tarif sewa tenda mulai Rp 150.000,-/orang untuk tenda biasa, Rp 350.000,-/orang untuk tenda reguler, dan Rp 700.000,-/orang untuk tenda VIP. Khusus penyewa tenda reguler dan tenda VIP, setiap orang mendapatkan jatah dua kali makan dan tiket masuk Bukit Ngisis Nglinggo. Fasilitas lainnya ada tenda restoran, tenda musala, panggung, area api unggun, toilet reguler dan toilet VIP didesain berwarna-warni, listrik, dan tentu saja akses Wi-Fi.


Tampak depan DeLoano Glamorous Camping. (Sumber: dokumen pribadi)

Area perkemahan bergaya rustic nan instagram-able. Sumber: (dokumen pribadi)

Panggung dan area api unggun di DeLoano Glamorous Camping. Sumber: (dokumen pribadi)

Hutan Pinus Nglinggo sekaligus jalur jip Rimbono Off Road. Sumber: (dokumen pribadi)

Tak lengkap rasanya jika berkemah tanpa menjelajah alam. Tak jauh dari DeLoano Glamorous Camping, terdapat Desa Wisata Nglinggo dan sejumlah destinasi wisata alam yang pantang anda lewatkan. Beberapa diantaranya adalah wisata edukasi di Kebun Teh Nglinggo. Kebun teh ini terletak di ketinggian 800 mdpl Pegunungan Menoreh, pengunjung bisa berkeliling dan mencoba teh asli Nglinggo yang bisa diseduh dan dijadikan sayur. Senang bermain air? Singgah sejenak di Curug Watu Jonggol, atau mengunjungi Hutan Pinus Nglinggo seluas 350 hektar sembari outbond dan trekking, berfoto di Bukit Ngisis, Puncak Widosari, dan Gunung Jaran, serta menyusuri hutan pinus dengan jip Rimbono Off Road, siapkan baju ganti dan air minum untuk pengalaman satu ini.

Pengemudi jip Rimbono Off Road berpose usai tur hutan pinus. Sumber: (dokumen pribadi)


Kebun Teh Nglinggo di sepanjang jalan. Sumber: (dokumen pribadi)

Jalan masuk area Bukit Ngisis Nglinggo. Sumber: (dokumen pribadi)

Spot strategis untuk berfoto di Bukit Ngisis Nglinggo. Sumber: (dokumen pribadi)

Butuh waktu paling cepat 10 menit untuk sampai di Puncak Widosari. Sumber: (dokumen pribadi)

Tantangan menaklukan ratusan anak tangga, berhadiah pemandangan sunset. Sumber: (dokumen pribadi)

Salah satu sudut foto di Puncak Widosari. Sumber: (dokumen pribadi)

Konon terdapat bukit yang tampak seperti Buddha tertidur di sini. Sumber: (dokumen pribadi)

Jalur jip Rimbono Off Road di hutan pinus, menanjak hingga kemiringan 30 derajat. Sumber: (dokumen pribadi)

Rombongan jip Rimbono Off Road bermuatan 2-4 orang. Sumber: (dokumen pribadi)

DeLoano Glamorous Camping dan Desa Wisata Nglinggo ini berada di kawasan perbatasan Magelang, Kulon Progo, dan Purworejo, tentunya memudahkan pengunjung untuk berpindah dari destinasi wisata satu ke destinasi wisata lainnya. Jika anda berniat menghabiskan waktu lebih lama untuk berlibur di DIY dan Jawa Tengah, pastikan DeLoano Glamorous Camping dan Desa Wisata Nglinggo termasuk dalam daftar anda.

DeLoano Glamorous Camping
Instagram: @deloano_glamping
Info dan reservasi: 08112654595
Pangkuan Sedayu, Desa, Sibebek, Sedayu, Loano, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah 54183

Tidak ada komentar:

Posting Komentar